Sudahkah Anda Mencuci Wajah Dengan Benar?


Berada di daerah tropis seringkali menyebabkan kita merasa gerah akibat sinar matahari yang menyengat. Kondisi iklim yang panas dan lembab membuat kita, terutama wanita Indonesia, lebih sering mencuci wajah untuk sekedar menyegarkan wajah. Namun, tahukah Anda, kebiasaan mencuci wajah tanpa tahu aturan waktu dan jenis kulit sangat berbahaya serta justru dapat semakin merusak kulit wajah Anda?
Kebanyakan wanita Indonesia tahu aturan memakai make up yang baik dan benar. Sayangnya, kebiasaan memakai make up yang benar tidak diiringi dengan membersihkan wajah secara benar pula. Seringkali malas mendominasi dan menyebabkan kotoran-kotoran serta debu yang menempel di wajah bercampur dengan make up. Hal inilah yang menyebabkan kondisi wajah semakin kotor, berminyak, dan berjerawat.
Jika selama ini Anda membiasakan diri untuk mencuci wajah setelah seharian di luar ruangan dan terkena sengat matahari, sebaiknya kebiasaan tersebut mulai Anda ubah. Daripada semakin memperparah kerusakan kulit wajah Anda, sebaiknya Anda ikuti tips mencuci wajah yang baik berikut ini:

1. Jangan langsung mencuci wajah

Jika Anda seharian berada di luar ruangan, sebaiknya beri jeda 10-15 menit untuk mengadaptasikan kulit wajah. Kebiasaan mencuci wajah langsung setelah dari luar ruangan dapat membuat kulit wajah cepat kering.

2. Gunakan facial foam

Gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Dalam langkah ini, sebaiknya Anda menggunakan air hangat untuk membilasnya karena air hangat dapat mempercepat proses pembuangan kotoran dan membuka pori-pori wajah sesaat untuk mengeluarkan kotoran penyebab jerawat dan juga mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

3. Lanjutkan dengan toner

Jika selama ini Anda berpikiran bahwa membersihkan kotoran pada wajah hanya cukup dengan menggunakan facial foam, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Ternyata, sabun pencuci wajah hanyalah mengangkat kotoran-kotoran dari wajah, namun juga meninggalkan sisa sabun di permukaan. Residu inilah yang hanya dapat dibersihkan oleh toner. Sebaiknya gunakan toner yang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

4. Lengkapi dengan penyegar

Toner dan penyegar mempunyai fungsi yang berbeda. Jika toner berfungsi untuk membersihkan residu sabun yang tertinggal pada wajah, berbeda dengan penyegar yang hanya berfungsi menyegarkan kulit wajah.

5. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan reactive soborrhea. Sebaiknya cuci wajah maksimal dua kali sehari agar kelembapan kulit wajah tetap terjaga.

6. Olahraga dan kurangi makanan berlemak

Selain menjaga kelembapan kulit wajah dari luar, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan biasakan olahraga teratur.
Jadi, biasakan membersihkan wajah sesuai aturan ya, Ladies. Selain sehat, Anda juga tampak semakin menyegarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

range of health and beauty tips © 2012 | Designed by Cheap Hair Accessories

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale, Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair